Pengertian Komputer Server

istilah server ialah istilah yang sudah sering kali kita dengar khususnya di bidang teknologi komputer komputer. Mungkin dari namanya kalian bisa menebak apa itu server.  Ya, sesuai dengan nama server atau dalam bahasa Indonesia disebut pelayan.server merupakan komputer yang melayani permintaan/request dari komputer client di dalam lingkup jaringan.

Pengertian Komputer Server

Nah setelah kalian mengetahui pengertian server, sekarang saatnya kita membahas Pengertian Komputer Server . Ok lanjut , Komputer server ialah komputer yang di tugaskan oleh pemilik komputer untuk menjadisebuah server dan mengatur kompuer client. Seperti di perusahaan misalanya, dimana komputer server tersebut diberikan tugas untuk menyimpan hal-hal yang di perlukan oleh komputer client.

Jadi dengan adanya komputer server, apapun yang dibutuhkan dari komputer client maka Komputer Server akan langsung memenuhi segala permintaan komputer client, dan tidak dapat diakses oleh orang lain, hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya, missal pemilik komputer server itu sendiri, maka dengan begitu data-data yg penting atau se macamnya tidak bakalan bocor ke tangan-tangan orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun jika kalian lihat dari segi fungsi yang begitu besar, maka untuk merubah komputer biasa menjadi Komputer Server, Komputer tersebut haruslah memiliki Spec yang mencukupi. Bukan Cuma prosesor dan RAM saja yang  besar, Hard Disk dan yg lain harus bisa mendukung. kenapa demikian? Karena Komputer Server haruslah terus aktif karena Komputer server menjadi satu pintu utama manajemen jaringan yg kalian miliki. Seperti halnya dalam komputer server web site, maka server tersebut harus terus menerus selalu aktif agar pengunjung Web kalian tetap bisa mengaksesnya setiap waktu. Sebaliknya Jika server web tadi anda matikan maka Web Anda tidak dapat diakses oleh pengunjung.

Jadi intinya ialah Komputer Server itu harus selalu menyala dalam waktu yang cukup lama, maka Perangkat Keras(hardwere) komputer server harus memiliki daya tahan serta keandalan yang cukup tinggi. Komputer server juga harus mampu bertahan pada suhu yg cukup panas/tinggi dan harus memiliki pendingin, karena pendingin ini salah satu hal terpenting yang harus anda perhatikan pada hardware komputer server anda, kenapa saya katakana penting? krna akan membantu supaya Komputer Server anda tdk mengalami over-heating, hal ini juga dapat menurunkan prforma pada komputer server kalian, ini di sebabkan karena terlalu lama ber oprasi dan suhu panas yang lumayan tinggi.

Akan tetapi jikan kalian ingin membuat sebuah Komputer Server dengan skala kecil juga bisa, seperti halnya Warnet atau warkop, warnet dan warkop kan juga biasa mempunyai Komputer Server, Komputer server begitulah yang paling sering digunakan oleh operator warnet dan itu sudah cukup mampu menghubungkan beberapa komputer satu sama lain, dan satu lagi Komputer yang berada di rumah kalian juga bisa dijadikan komputer server.

Itulah yg bisa saya sampaikan lewat artikel ini baca artikel lainnya yg lebih bermanfaat di TRIK DAN TIPS MENARIK


Related Posts: